Bahasa Kutai Mulai Diterapkan di Sekolah, Masuk Mata Pelajaran Tahun 2023-2024

Lintasbalikpapan.com, TENGGARONG – Bahasa Kutai tengah dipersiapkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutai Kartanegara untuk masuk ke dalam kurikulum sekolah pada tahun ajaran baru 2023-20234.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutai Kartanegara sedang mempersiapkan Bahasa Kutai sebagai muatan lokal dalam kurikulum sekolah. Bahasa daerah ini direncanakan akan digunakan sebagai mata pelajaran mulai tahun ajaran baru 2023-2024.

Kepala Bidang Kebudayaan, Disdikbud Kukar, Liliyanto Ismail, menjelaskan bahwa Bahasa Kutai akan diajarkan dari sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah pertama (SMP).

“Sekarang kami sedang menyusun buku dan hanya perlu memeriksa kesiapan materinya,” kata Lilyanto, Senin (30/10/2023).

Dalam rencana Disdikbud Kukar, sebanyak 50 sekolah di 20 kecamatan akan menerapkan muatan lokal Bahasa Kutai.

Selain itu, Lilyanto mengatakan bahwa pihaknya telah memberikan pendampingan kepada para guru di 16 sekolah di Kukar untuk melakukan uji coba dalam mendukung program ini.

Menurutnya, penerapan pembelajaran bahasa daerah ini bertujuan untuk melestarikan Bahasa Kutai sebagai warisan budaya dan identitas masyarakat Kukar. “Bahasa Kutai adalah bagian dari budaya kita, sehingga dapat memberi warna dalam kehidupan masyarakat Kukar dan memahami Bahasa Kutai,” tambahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *