BNI Balikpapan Atensi Peredaran Uang Palsu Jelang Lebaran, Begini Upaya Mitigasinya

Lintasbalikpapan.com, BALIKPAPAN – Memasuki minggu pertama bulan Ramadan 1445 Hijriah, warga mulai menyiapkan kebutuhan dalam merayakan Idul Fitri. Salah satunya yakni penukaran uang pecahan.

Bank Negara Indonesia (BNI) juga turut menyiapkan kebutuhan uang kartal warga melalui layanan penukaran uang. Sebab antusias penukaran uang mulai terlihat belakangan ini, salah satunya di BNI cabang Balikpapan.

“Sebenarnya sejak Ramadan ini sudah mulai tapi kami koordinasi lagi sama BI karena kan pengambilan uangnya ke BI juga,” kata Pimpinan Bidang Layanan Nasabah BNI Balikpapan, Nur Dwi Laksono usai menghadiri Kick of Serambi 2024 di Kantor Perwakilan BI Balikpapan pada Senin (18/3/2024).

Selain itu, BNI Cabang Balikpapan turut mengatensi peredaran uang palsu saat meningkatnya penukaran uang di masyarakat. Untuk mencegah hal tersebut, BNI Balikpapan melakukan berbagai upaya mitigasi, seperti penggunaan transaksi digital hingga edukasi kepada masyarakat dan mitra.


“Untuk mitigasi beredarnya uang palsu, yang pertama kami lakukan adalah penggunaan transaksi digital, jadi bisa dengan QRIS, transfer dan lain-lain. Kemudian kami mengoptimalkan channel-channel kita untuk mengedukasi terkait dengan cara mengenali uang. Contoh simpel juga kayak di BSB sekarang kan pembayaran parkir itu menggunakan Tap Cash, nah Tap Cash ini untuk mengurangi jumlah uang palsu,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *