DP3 Balikpapan Pastikan Pasokan Bahan Pangan Dari Luar Daerah Aman

Lintasbalikpapan.com, BALIKPAPAN – Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan (DP3) Kota Balikpapan memastikan distribusi pasokan bahan pangan dari luar daerah ke Balikpapan tetap lancar.

Mengingat, saat ini pertambahan jumlah penduduk di Kota Balikpapan terus meningkat menjelang Pemindahan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kaltim. Sehingga kebutuhan bahan pangan harus tetap terjaga.

Ketua Tim Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan, DP3 Kota Balikpapan Yuliana mengatakan, bahwa ketersediaan bahan pangan harus tetap terjaga. Karena Balikpapan bukan daerah penghasil pangan, sehingga pasokan pangan dari luar ke daerah bisa tetap terjaga dan lancara.

“Jadi produksi bahan pangan dari petani di Balikpapan tidak bisa menghandle kebutuhan pangan untuk warga Balikpapan. Sehingga kita berharap pasokan dari luar Balikpapan bisa lancar dari distributor pemasok bahan pangan,” kata Yuliana kepada wartawan, Rabu (22/5/2024).

Selain itu, lanjut dia, DP3 juga menggelar operasi pasar guna menekan inflasi di Balikpapan. Dalam hal ini pihaknya berkolaborasi dengan Dinas Perdagangan (Disdag) membuat operasi pasar.

“Jadi kami melaksanakan Gerakan Pangan Murah (GPM) dibeberapa tempat. Sekira tiga kali dalam satu minggu dengan mengadakan pangan murah,” terangnya.

Dia menambahkan, bahwa DP3 saat ini memiliki 68 ton Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD) di Balikpapan yang telah dibeli dan tersedia di blog.

“Jadi CPPD telah memiliki dasar hukum, seperti Peraturan Daerah (Perda) pada tahun 2023 bulan Oktober lalu, dan Peraturan Wali Kota (Perwali) serta Surat Keputusan (SK) untuk Tim penyalurannya,” tuturnya.

“Sehingga untuk saat ini Balikpapan telah memiliki cadangan beras,” pungkasnya. (Djo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *