Home Balikpapan Pengendara Motor Tewas, Polisi Tetapkan Sopir Truk Laka Rapak Sebagai Tersangka

Pengendara Motor Tewas, Polisi Tetapkan Sopir Truk Laka Rapak Sebagai Tersangka

SHARE
Pengendara Motor Tewas, Polisi Tetapkan Sopir Truk Laka Rapak Sebagai Tersangka

Lintasbalikpapan.com, BALIKPAPAN – Polisi menetapkan Taufiq Adi Nugroho (36) sebagai tersangka kasus kecelakaan lalu lintas di turunan Muara Rapak yang menewaskan seorang pemotor bernama Ardie (47) hingga menabrak ruko milik warga pada Rabu (24/5/2023) sekira pukul 22.30 wita. 


“Kalau berdasarkan alat bukti dan pemeriksaan di TKP sudah ditetapkan tersangka. Karena kelalaiannya mungkin dalam pengecekan kendaraan dan perawatan sebagainya dan kemudian ada korban yang meninggal dunia juga,” kata Dirlantas Polda Kaltim, Kombes Pol Sonny Irawan pada Kamis (25/5/2023).


Saat ini jajaran Satlantas Polresta Balikpapan juga masih melakukan penyidikan lebih lanjut, terutama terkait penyebab kejadian laka tersebut yakni kegagalan fungsi pengereman. 


“Nah kegagalan fungsi rem itu nanti akan ditinjau oleh teman-teman dari BPTD, Dishub ataupun KNKT harus dilihat disitu karena apa. Apakah karena beban, perawatan atau apa,” tuturnya.


Sopir truk pun disangkakan Pasal 310 Undang-Undang LLAJ terkait kelalaian berkendara yang menyebabkan orang lain meninggal dunia.


“Ancamannya 6 tahun penjara,” ujarnya.


Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Kota Balikpapan, Adwar Skenda Putra mengatakan KIR truk laka yang dikemudikanTaufiq sudah tidak berlaku alias kadaluwarsa. Tentu hal ini tidak dibenarkan alias melanggar aturan yang berlaku. 


“Selain itu muatan ini juga tidak boleh diangkut menggunakan truk yang ini,” pungkasnya.