Home Lingkungan Komitmen Jaga Lingkungan, DLH PPU Serahkan Ribuan Bibit Pohon

Komitmen Jaga Lingkungan, DLH PPU Serahkan Ribuan Bibit Pohon

SHARE
Komitmen Jaga Lingkungan, DLH PPU Serahkan Ribuan Bibit Pohon

lintasbalikpapan.com, PENAJAM – Dalam rangka memperingati Hari Sejuta Pohon, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), membagikan 1.250 bibit pohon. Hal itu sebagai bentuk kepedulian dalam menjaga lingkungan.

Penyerahan ribuan bibit pohon kepada sejumlah sekolah adiwiyata, lingkungan SKPD, hingga organisasi wanita PPU, dilaksanakan oleh Bupati PPU Hamdam, di halaman depan kantor bupati, Rabu (25/1/23).

“Kegiatan hari ini bertujuan untuk lebih membangkitkan semangat, motivasi dan membudayakan lingkungan sehat melalui tanaman serbaguna,” kata Hamdam.

Dijelaskan Hamdam, penyerahan bibit pohon merupakan salah satu bentuk komitmen dan dukungan serius Pemerintah PPU dalam mensukseskan Gerakan Satu Juta Pohon Tahun 2023. 

Melalui kampanye menanam pohon, diharapkan mampu memberikan kesadaran bagi masyarakat terhadap pentingnya menjaga kelestarian alam serta lingkungan.

“Kepada penerima bibit pohon ini agar dapat merawat dan menjaga bibit tersebut, hingga pohon yang ditanam benar-benar terjamin kelangsungan hidupnya. Sehingga kelestarian lingkungan kita terjaga,” terangnya.

Hal senada juga dikatakan oleh Kepala DLH PPU Tita Deritayati. Menurutnya, penyerahan bibit pohon sebagai upaya mendorong masyarakat untuk menanam pohon. Mengingat, keberadaan pohon dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat.

“Harapan kita jangan sembarangan menebang pohon. Karena manfaat pohon itu bisa menjaga kondisi oksigen dan lingkungan juga,” ucap Tita.

Gerakan menanam pohon tersebut, jelas Tita merupakan agenda tahunan. Di tahun kedua pencanangan gerakan sejuta pohon ini, pihaknya berharap peran perusahaan dalam mendukung pelestarian lingkungan lebih optimal.

“Tahun lalu ada 1000 bibit pohon hasil sumbangsih perusahaan. Untuk tahun ini bertambah jadi 1.250 bibit dari 11 perusahaan. Kedepan kami berharap perusahaan-perusahaan lain berperan ikut mendukung kegiatan ini,” pungkasnya. (ADV)