Home Lingkungan Waduh!!! Limbah Hazmat Banyak Ditemukan Di Pesisir Pantai Balikpapan

Waduh!!! Limbah Hazmat Banyak Ditemukan Di Pesisir Pantai Balikpapan

SHARE
Waduh!!! Limbah Hazmat Banyak Ditemukan Di Pesisir Pantai Balikpapan

Keterangan Gambar : LSM Lingdaka saat menemukan limbah hazmat di pesisir pantai Stal Kuda

LINTASBALIKPAPAN - Masyarakat dibuat terkejut dengan adanya penemuan sejumlah limbah hazmat di pesisi pantai Balikpapan, tepatnya di kawasan Stal Kuda, Balikpapan Selatan. Hingga hari ini limbah tersebut masih berada di pesisir pantai lantaran warga tidak berani menyentuhnya. 


Penemuan tersebut bermula saat LSM Lingkungan Lingkar Daya Konservasi Alam (Lingdaka) saat hendak giat bersih-bersih pantai. Saat itu limbah hazmat tersebut bercampur dengan limbah sampah lainnya. 


"Kami lagi mau bersih-bersih sampah di pantai, pas lagi bersih lihat banyak sampah ternyata ada pakaian hazmat kami temukan. Ada sekitar lima hazmat yang kami dapat," ungkap Imam Mutaji, Ketua Lingdaka saat dihubungi pada Selasa (31/8). 


Imam mengatakan dirinya tidak berani menyentuh lantaran khawatir penularan Covid-19. Sehingga ia hanya meminggirkan hazmat dengan sebatang kayu agar nanti dapat dievakuasi oleh pihak terkait. 


"Kami nggak berani nyentuh sembarangan karena kan ada prosedurnya. Makanya kami cuma ambil pakai kayu terus kami taruh disatu tempat," ujarnya. 


Imam yang juga selaku pegiat lingkungan ini menyayangkan adanya tindakan tak bertanggungjawab dari si pemilik hazmat. Sebab limbah hazmat dapat merusak lingkungan pantai maupun laut. 


"Ya bisa rusak lingkungan kita, disitu juga ada potensi terumbu karang. Kami sayangkan saja mengapa masih banyak yang buang sampah sembarangan. Bagaimana kota kita mau nggak banjir, sementara buang sampah aja masih sembarangan," pungkasnya. (Mdy)