Home Kriminal Terungkap !!! Begini Kronolgi Pelaku Pencabulan yang Merupakan Eks Bacalon Wali Kota Balikpapan

Terungkap !!! Begini Kronolgi Pelaku Pencabulan yang Merupakan Eks Bacalon Wali Kota Balikpapan

SHARE
Terungkap !!! Begini Kronolgi Pelaku Pencabulan yang Merupakan Eks Bacalon Wali Kota Balikpapan

Keterangan Gambar : AL (orange) diamankan Satreskrim Polres PPU lantaran melakukan pencabulan

LINTASBALIKPAPAN - Terkuak sudah perbuatan tak senonoh dari mantan bakal calon (Bacalon) Wali Kota Balikpapan berinisial AL. Ia ditangkap Satreskrim Polres Penajam Paser Utara (PPU) lantaran mencabuli anak dibawah umur berinisial P (14) sebanyak dua kali. 


Kejadian tersebut bermula dari perkenalan AL kepada P melalui media sosial facebook pada tanggal 28 Agustus 2021. Seminggu berkenalan, P intens berkomunikasi dengan AL. Hingga akhirnya pada Selasa (7/9) AL mengajak P pergi ke Balikpapan untuk ditawari kerja di salah satu konter milik pelaku. 


Saat itu korban yang masih polos ini pun mengikuti tawaran korban. Selasa siang (7/9) korba di jemput di depan sekolahnya di salah satu SMP di Babulu, Kabupaten PPU. Kemudian pelaku membawa kabur korban menuju Balikpapan melalui dermaga klotok. 


"Setelah dijemput di Babulu tersangka menjemput dengan motor dan dibawa ke Balikpapan lewat pelabuhan klotok," kata Kasat Reskrim Polres PPU, Iptu Dian Kusnawan dihadapan awak media. 


Sesampainya di Balikpapan pelaku membawa korban menginap di salah satu hotel di Balikpapan. Disinilah korban dibujuk rayu hingga akhirnya disetubuhi sebanyak dua kali. 


"Setelah di Balikpapan mereka berdua pergi ke salah satu hotel di Balikpapan dan cek in di hotel tersebut. Disitulah terjadi persetubuhan terhadap korban sebanyak dua kali," tambah Dian. 


Ibu korban yang terkejut mengetahui anaknya tidak ada di rumah pun melapor ke Polsek Babulu. Oleh warga dan kepolisian pun berusaha melakukan pencarian, hingga akhirnya didapati informasi korban dibawa oleh seorang pria menuju Balikpapan. 


Dari laporan dan informasi tersebut Satreskrim Polres PPU bekerjasama dengan Polresta Balikpapan melakukan pengejaran terhadap pelaku. Hasilnya AL berhasil diamankan di kawasan Balikpapan Permai (BP) setelah keluar dari hotel. 


"Kita lakukan pengembangan dan alhamdulillah kita berhasil mengamankan yang diduga pelaku beserta korban. Kita amankan di daerah BP Balikpapan setelah keluar dari hotel," ungkapnya. 


Dari hasil keterangan pelaku bahwa ia mengakui dirinya juga merupakan seorang dosen di salah satu universitas di Balikpapan. Pelaku pernah tersandung kasus UU ITE di Balikpapan. 


"Informasi dan keterangan dari tersangka bahwa beliau membenarkan ada mengajar di salah satu universitas di Balikpapan. Terkait apa ada korban lain ini masih kami kembangkan," bebernya. 


Pelaku pun dikenakan pasal berlapis yakni terkait Perlindungan Anak dan membawa kabur anak tanpa izin dengan ancaman pidana 7 tahun maksimal 15 tahun. (Mdy)