Home Vaksinasi Covid-19 Tenaga Vaksinator di Dome Gunakan Gown, Lebih Irit dan Bikin Gemes

Tenaga Vaksinator di Dome Gunakan Gown, Lebih Irit dan Bikin Gemes

SHARE
Tenaga Vaksinator di Dome Gunakan Gown, Lebih Irit dan Bikin Gemes

Keterangan Gambar : Tenaga vaksinator di Dome Balikpapan gunakan gown medis

LINTASBALIKPAPAN - Ada yang berbeda dari pelaksanaan vaksinasi di Gedung Balikpapan Sport Convention Center (BSCC) Dome belakangan ini. Ya, tenaga vaksinator menggunakan alat pelindung diri (APD) berbeda dari biasanya. 


Kalau sebelumnya vaksinator menggunakan APD berwarna putih polos atau hijau. Kali ini APD yang digunakan cukup lucu dan bikin gemes. Dengan corak yang unik, APD yang digunakan penuh dengan tulisan yang menjadi pembeda. 


APD tersebut bernama "Gown" atau yang akrab disebut gaun medis ini mulai digunakan oleh tenaga medis khususnya vaksinator di Balikpapan. Busana medis ini memiliki sejumlah model yang cantik, lucu dan anggun. 


"Gown itu macam-macam, ada yang disposible atau sekali pakai buang, ada yang bisa dipakai berkali-kali. Karena dana juga terbatas kita harus berpikir yang lebih efektif dan efisien. Ini kan kegiatan rutin, perlu pelindung diri, jadi kita kasih gown yang dipakai berulang," kata Yogik Wahyudianto, Kasi Farmasi Dinkes Balikpapan. 


Awalnya pihaknya membeli beberapa sampel untuk digunakan tenaga vaksinator. Setelah dirasa cocok dan nyaman, pihaknya membeli dalam jumlah banyak untuk dibagikan kepada tenaga vaksinator yang bertugas di BSCC Dome. 


"Beli nya di distributor luar daerah. Harganya Rp 200 ribu satu biji nya tapi bisa dipakai berkali-kali. Kalau yang sebelumnya kan hanya satu kali pakai saja, jadi ya lebih irit dan efisien," ujarnya. 


Kedepan pihaknya akan menerapkan pemakaian gown ini di seluruh Puskesmas di Balikpapan. 


"Kedepan memang kita akan coba pada teman-teman di Puskesmas, cuma sekarang kita fokus disini karena kan kegiatan disini rutin," pungkasnya. (Mdy)