Home Kota Temuan Hazmat Diamankan Petugas, Dinkes : Kita Lacak Darimana Itu

Temuan Hazmat Diamankan Petugas, Dinkes : Kita Lacak Darimana Itu

SHARE
Temuan Hazmat Diamankan Petugas, Dinkes : Kita Lacak Darimana Itu

LINTASBALIKPAPAN - Temuan hazmat atau alat pelindung diri (APD) yang dipakai tenaga kesehatan akhirnya diamankan oleh petugas dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Balikpapan pada Selasa siang (31/8).

Petugas mengamankan sebanyak lima lembar APD atau hazmat bekas di pesisir Pantai Stal Kuda. Nantinya hazmat tersebut akan diteliti oleh pihak Dinkes darimana asalnya.

"Ada lima hazmat yang kita dapatkan, ini sudah kami bawa. Kami teliti dulu, sebab jenis hazmat itu beda-beda. Kita bisa tahu itu yang dipakai sama Satgas atau nakes dan lainnya," ujar Lela, seorang petugas Dinkes yang mengamankan hazmat tersebut.

Senada dengan Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarty bahwa hazmat atau APD tersebut tidak boleh dibuang sembarangan. Sebab pemusnahan hazmat memiliki prosedur.

"Nggak boleh, kan harus dipilah kemudian dimasukkan kedalam tempat limbah B3, kemudian ya dimusnahkan. Harus ada kerjasama dengan pihak ketiga," ungkap wanita yang akrab disapa Dio ini.

Dio menambahkan pihaknya bisa saja mengetahui pengguna hazmat tersebut lantaran dapat dibedakan dari jenisnya. Sebab tidak semua hazmat yang dijual dan digunakan sama.

"Kita lacak lagi darimana itu. Kalau ada hazmatnya kita akan tahu siapa yang pakai jenis hazmat seperti itu," pungkasnya. (Mdy)