Home Kota Siap-Siap!!! Aturan Masuk Mall Wajib Vaksin Tinggal Menunggu Ketok Palu

Siap-Siap!!! Aturan Masuk Mall Wajib Vaksin Tinggal Menunggu Ketok Palu

SHARE
Siap-Siap!!! Aturan Masuk Mall Wajib Vaksin Tinggal Menunggu Ketok Palu

LINTASBALIKPAPAN - Kebijakan terbaru yang akan diterapkan di luar pulau Jawa- Bali yakni wajib menunjukkan surat vaksin untuk masuk ke dalam mall tinggal menunggu waktu saja. Kalimantan Timur sendiri menjadi atensi dan tengah melakukan persiapan-persiapan salah satunya ialah percepatan vaksinasi bagi pekerja di tenant mall.

Aries Adrianto, Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Kaltim mengatakan pihaknya sejauh ini telah melakukan persiapan dalam penerapan syarat wajib vaksin. Bahkan hari ini sekitar 1.000 dosis vaksin disiapkan untuk pekerja masing-masing tenant dan masyarakat.

"Untuk vaksinasi di Plaza Balikpapan baik yang tenant itu sudah 95 persen," katanya.

Untuk penerapan syarat vaksinasi, Aries mengatakan seluruh mall di Kaltim telah mendapatkan barcode dari Kementerian Kesehatan. Barcode tersebut nantinya akan dipasang di 11 pintu masuk dan keluar mall. Para pengunjung yang akan memasuki mall harus melakukan scan barcode dari aplikasi Peduli Lindungi agar mengetahui status pengunjung tersebut sudah di vaksin atau belum.

"Ada 11 pintu nanti ada barcodenya. Semua mall sudah keluar barcode nya masing-masing dan sudah kita coba," ujarnya.

Ditanya kapan pelaksanaan tersebut dimulai, Aries mengatakan pihaknya hanya tinggal menunggu keputusan dari Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi,  Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia,  Airlangga Hartarto.

"Hanya sekarang tinggal menunggu pelaksanaannya masing-masing dan ketok palu dari Pak Airlangga dan Pak Luhut. Sampai saat ini kan baru yang di Jawa-Bali, yang luar Jawa-Bali belum ada ketok palu dari beliau. Mungkin menunggu turunnya level ini," ungkapnya.

Rencananya setelah keputusan tersebut diumumkan, Aries mengatakan pihak mall akan diberi waktu ujicoba guna sosialisasi kepada masyarakat terkait aturan tersebut.

"Nanti kalau sudah ketok palu pasti akan dikasih waktu satu minggu misalnya untuk trial dulu. Pengunjung kan harus membiasakan dulu," tuturnya. (Mdy)