Home Kriminal Sabu 8 Kilogram Dimusnahkan Polda Kaltim

Sabu 8 Kilogram Dimusnahkan Polda Kaltim

SHARE
Sabu 8 Kilogram Dimusnahkan Polda Kaltim

LINTASBALIKPAPAN - Polda Kaltim melakukan pemusnahan narkotika jenis sabu seberat 8 kilogram pada Kamis (26/8) di Mapolda Kaltim. Pemusnahan tersebut dengan cara melarutkannya dalam wadah air dan dibuang ke toilet. 


Pemusnahan tersebut dipimpin langsung oleh Wadir Ditresnarkoba Polda Kaltim AKBP Rino Eko, disaksikan Kejaksaan Negeri Balikpapan, Pengadilan Negeri dan instansi terkait. 


Rino mengatakan sabu yang dimusnahkan ini hasil pengungkapannya pada tanggal 26 Agustus lalu. Yakni tiga tersangka diamankan, masing-masing berinisial MHN (38) dan M (45) ditangkap di Samarinda tanggal 2 Agustus. Lalu satu lagi berinisial J (32) diamankan di Penajam Paser Utara pada 7 Agustus lalu. 


"MHN dan M ditangkap di Samarinda, disitu petugas mendapati barang bukti sabu seberat 7,3 kg. Sementara dari tersangka J yang ditangkap di PPU kami amankan sabu seberat 1,3 kilogram. Jadi totalnya ada 8,6 kilogram," ungkap Rino. 


Rino mengatakan pemusnahan tersebut memang merupakan amanat Undang-Undang. Sehingga pihaknya memusnahkan dengan cara menaruh kedalam wadah toples berisi air dan diaduk. Kemudian air tersebut dilarutkan atau dibuang ke toilet. 


"Ada yang disisihkan untuk kepentingan persidangan dan penyelidikan. Sisanya dimusnahkan," pungkasnya. (Mdy)