Home Balikpapan Puluhan Ribu Warga Balikpapan Yang Belum Tercover BPJS Kesehatan Gratis, Ini Penyebabnya

Puluhan Ribu Warga Balikpapan Yang Belum Tercover BPJS Kesehatan Gratis, Ini Penyebabnya

SHARE
Puluhan Ribu Warga Balikpapan Yang Belum Tercover BPJS Kesehatan Gratis, Ini Penyebabnya

Keterangan Gambar : Ilustrasi antrian BPJS Kesehatan cabang Balikpapan

lintasbalikpapan.com, BALIKPAPAN – Setahun sudah program pemerintah kota dalam menggratiskan BPJS Kesehatan warga khususnya peserta Kelas 3. Namun masih ada puluhan ribu peserta yang BPJS Kesehatan di Balikpapan yang belum tercover dalam program tersebut.

Data dari BPJS Kesehatan cabang Balikpapan menyebutkan sebanyak 25.334 peserta BPJS Kesehatan kelas 3 belum merasakan program yang dicetuskan Wali Kota Balikpapan Rahmad Masud itu.

“25.334 ini masih membayar sendiri (mandiri). 25.334 ini adalah yang mendaftar BPJS nya di Kota Balikpapan, darimanapun KTP nya berasal,” ungkap Kepala BPJS Kesehatan cabang Balikpapan, Sugianto pada Kamis (1/12/2022).

Ditanya kendala yang dihadapi ada beberapa macam. Yakni sebagian besar masyarakat atau peserta kelas 3 di Balikpapan merasa bahwa mereka secara otomatis telah tercover dalam program BPJS gratis tersebut. Padahal hal itu harus dicek terlebih dahulu lantaran masih banyak yang menunggu proses verifikasi di Kelurahan.

“Pertama merasa semua kelas 3 peserta mandiri otomatis terdaftar BPJS gratis. Kedua sudah daftar ke kelurahan tapi masih menunggu proses verifikasi di kelurahan dan dinas sosial. Ketiga memang benar-benar tidak mau masuk program pemkot, merasa masih bisa mandiri,” jelasnya.

Sugianto menyarankan bahwa peserta yang telah terdaftar di Kelas 3 untuk segera mendownload aplikasi Mobile JKN. Hal ini agar dapat mengetahui apakah sudah masuk dalam program BPJS gratis dari pemkot atau tidak.

“Kalau sudah kelas 3 dan belum masuk dalam program pemkot, segera mendaftar ke kelurahan dan ditunggu prosesnya, karena tidak otomatis terdaftar,” ujarnya.

Untuk diketahui jumlah penduduk di Kota Balikpapan sebanyak 718.423 orang. Dari jumlah tersebut baru 712.008 yang terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan atau JKN KIS alias 99.12 persen.

“Ya, masih ada 6.415 orang yang belum punya BPJS Kesehatan,” pungkasnya.