Home Nasional Pemindahan IKN Masih Lama, Komisi II DPR RI : Draft RUU nya Saja Belum Kami Terima

Pemindahan IKN Masih Lama, Komisi II DPR RI : Draft RUU nya Saja Belum Kami Terima

SHARE
Pemindahan IKN Masih Lama, Komisi II DPR RI : Draft RUU nya Saja Belum Kami Terima

LINTASBALIKPAPAN - Perencanaan pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kaltim sepertinya masih butuh waktu yang panjang. Beberapa persoalan pun terus dibahas guna memantapkan pemindahan IKN ke Kaltim. 


Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tandjung mengatakan saat ini pihaknya masih menunggu pembahasan Undang-Undang pemindahan IKN tersebut.
Sejauh ini pihaknya belum menerima draft UU yang nantinya sebagai landasan hukum, sehingga proses pemindahan IKN masih sangat panjang. 


"Sekarang posisinya draft undang-undang itu masih ada di Pemerintah. DPR belum menerima surat presiden (Surpres) sebagai pengantar draft Rancangan Undang-Undang itu ke DPR. Nah jadi kami DPR sifatnya menunggu saja kapan itu diantarkan ya DPR akan siap," katanya saat berkunjung ke Kota Balikpapan pada Jumat (10/9). 


Setelah draft tersebut diserahkan, pihaknya akan melakukan pembahasan bersama pemerintah. Ia mengatakan pihaknya akan menyelesaikan draft tersebut untuk dijadikan Undang-Undang. 


"Jadi ketika draft itu diserahkan ya tugas DPR menyelesaikan menjadi Undang-Undang. Saya kira itu harus disetujui karena itu janjinya presiden dan menjadi visi pembangunan Indonesia kedepan," ungkapnya.


Selain itu pihaknya juga belum mendapatkan rancangan pembangunan IKN. Sehingga proses pemindahan IKN tentu akan memakan waktu lama. 


"Kami belum terima rancangan pembangunannya. Mau yang mana dulu, mau kantor Presiden dulu atau istana dulu," ujarnya. (Mdy)