Home Balikpapan Landasan Bandara SAMS Sepinggan Retak 60 Centimeter, Diperbaiki Dengan Cepat

Landasan Bandara SAMS Sepinggan Retak 60 Centimeter, Diperbaiki Dengan Cepat

SHARE
Landasan Bandara SAMS Sepinggan Retak 60 Centimeter, Diperbaiki Dengan Cepat

lintasbalikpapan.com, BALIKPAPAN – Kantor Cabang PT Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan bergerak melakukan perbaikan landasan pacu atau runway. Hal ini saat pelaksanaan runway inspection pada Minggu (4/12) sekira pukul 15.30 wita ditemukan keretakan di landasan pacu sepanjang 60 centimeter. 

“Telah ditemukan titik retakan yang berada di area runway 07 sepanjang 60 centimeter. Dengan adanya hal tersebut kami langsung melakukan tindakan cepat untuk melakukan perbaikan pada sisi yang terdampak,” kata General Manager Bandara SAMS Sepinggan, Rika Danakusuma melalui keterangan persnya yang diterima pada Senin (5/12).

Rika mengatakan penyebab terjadi keretakan tersebut masih diselidiki oleh timnya. Saat ini pihaknya lebih berfokus pada perbaikan lantaran terkait dengan keselamatan pengguna runway. 

“Penyebab terjadinya retakan pada saat ini masih diselidiki lebih lanjut, saat ini kami berfokus pada perbaikan karena terkait dengan keselamatan pengguna runway,” ujar Rika.

Sesuai dengan Notice to Airman (NOTAM) B2435/22 runway Bandara SAMS Sepinggan ditutup selama 2 jam mulai pukul 16.00 wita.

“Ketika NOTAM diterbitkan tim Bandara SAMS Sepinggan langsung melakukan perbaikan sehingga waktu perbaikan dapat selesai lebih cepat dari waktu yang telah di NOTAM-kan yakni pukul 17.10,” tambahnya

Saat ini kondisi Bandara SAMS Sepinggan sudah beroperasi kembali mulai pukul 17.30 wita.

Perlu diketahui runway inspection di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan dilaksanakan 4 kali sehari yakni inspeksi pertama dilakukan pada pukul 05.00 wita sebelum jam operasional Bandara, Inspeksi kedua pada pukul 10.00 wita, inspeksi ketiga pada pukul 15.00 wita dan Sesudah penerbangan terakhir atau last flight.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk memastikan kesiapan landasan pacu yang akan digunakan serta langkah antisipasi apabila terjadi hal yang tidak diinginkan baik yang disebabkan akibat cuaca dan lainnya selama jam operasional Bandara berlangsung.

Sebagai informasi selama perbaikan berlangsung tedapat penerbangan yang mengalami keterlambatn yakni 9 penerbangan berangkat (departure) dan 4 penerbangan datang (arrival).