Home Kota Gara-Gara Jaringan, Tes CPNS di Balikpapan Terpaksa Ditunda

Gara-Gara Jaringan, Tes CPNS di Balikpapan Terpaksa Ditunda

SHARE
Gara-Gara Jaringan, Tes CPNS di Balikpapan Terpaksa Ditunda

LINTASBALIKPAPAN - Tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang diselenggarakan di Balai Sudirman Balikpapan oleh Kantor Regional BKN Wilayah VIII Kalimantan pada Senin (20/9) terpaksa ditunda. Hal ini dikarenakan gangguan jaringan massal dari Telkom membuat para peserta tidak bisa mengakses ke server BKN. 


Panitia penyelenggara pun terpaksa memilih proses seleksi untuk ditunda sampai waktu yang telah dijadwalkan. Sesaat setelah diumumkan penundaan tersebut, para peserta yang notabene dari luar daerah Balikpapan ini kecewa. Bahkan tak sedikit dari mereka yang menangis karena lelah menunggu. 


"Saya jauh-jauh dari Samarinda berharap proses pelaksanaan berjalan lancar tapi malah begini. Katanya ada gangguan server. Masa sekelas BKN tidak bisa mengantisipasi ini. Kasihan kami yang menunggu dari siang ternyata juga ditunda," ungkap Renaldi, peserta asal Samarinda. 


Diketahui 400 orang lebih peserta CASN dari berbagai daerah terpaksa gagal mengikuti tahapan computer assisted test (CAT) dikarenakan server tidak bisa diakses. Ironisnya para peserta telah menunggu dari pagi dan tidak diberikan makan atau sarapan. 


"Dari pagi kami menunggu sampai sore ini baru panitia BKN memberikan penjelasan. Selama kami menunggu, jangankan makan, snack aja nggak ada. Sangat disayangkan BKN tidak punya opsi lain, padahal harusnya bisa diantisipasi," ujarnya. 


Koordinator Pelaksana CASN BKN Regional VIII Banjarmasin, Nur Muhammad Ilyas mengatakan jaringan telkom yang mengalami gangguan massal juga dirasakan dampaknya. Pihaknya tidak bisa mengganti provider lain lantaran sudah menjadi kesatuan dari pemenang tender. 


"Kendalanya nggak bisa masuk ke server BKN. Kalau pakai provider lain bisa, tapi tendernya memang menggunakan Telkom," tuturnya. 


Pihaknya akan melakukan antisipasi kedepan bila terjadi hal serupa. Meski begitu para peserta yang telah tertunda ini akan dijadwalkan ulang untuk pelaksanaan Tes CAT yang belum terlaksana hari ini. 


"Sama sekali tidak bisa diakses, jadi bukan berarti mereka gagal melainkan ditunda. Jadi ini ditunda dan akan dijadwalkan, sudah kami koordinasikan dengan instansi terkait yang menyelenggarakan seleksi ini," pungkasnya. (Mdy)