Home Komunitas Embarkasi Haji Diperluas, 296 Tempat Tidur Disiapkan Untuk Pasien Covid-19

Embarkasi Haji Diperluas, 296 Tempat Tidur Disiapkan Untuk Pasien Covid-19

SHARE
Embarkasi Haji Diperluas, 296 Tempat Tidur Disiapkan Untuk Pasien Covid-19

Keterangan Gambar : Ilustrasi pasien selesai melakukan isolasi di Embarkasi Haji

LINTASBALIKPAPAN - Melonjaknya angka kasus Covid-19 di Kota Balikpapan membuat pemerintah harus mencari solusi untuk menampung mereka yang terpapar guna melakukan isolasi mandiri. Sebab sampai saat ini terdapat 1.286 yang melakukan isolasi mandiri dirumah.


Bagaimana tidak, tempat isolasi yang disediakan oleh Pemerintah Kota seperti Embarkasi Haji dan Wisma Pemkot pun sudah terisi penuh. Sehingga pemkot tengah menyiapkan perluasan penampungan pasien isolasi mandiri di Embarkasi Haji. 


"Iya, tadi ke Embarkasi mau perluasan buka asrama-asrama lain," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan, Andi Sri Juliarty kepada Lintas Balikpapan.


Wanita yang kerap disapa Dio itu mengatakan bahwa masih ada ruang asrama lain yang belum dibuka. Pemkot berencana membuka ruangan lain tersebut untuk menarik pasien isolasi mandiri dirumah ke Embarkasi Haji.


"Ya, arahan Pak Wali Kota, Panglima serta Kapolda agar segera digunakan untuk menarik pasien isoman dari rumah-rumah warga tapi memang perlu rehab ringan," tuturnya.


Bila ruangan di Asrama lain tersebut dibuka, maka akan mampu menampung sebanyak 296 pasien isolasi mandiri. Dimana terdapat 5 ruang asrama yang belum dibuka lantaran belum dilengkapi fasilitas pendukung seperti AC, instalasi listri maupun air.


"Di asrama 6 ada 96 tempat tidur, asrama 7 ada 80 tempat tidur, asrama 8 ada 80 tempat tidur, dan asrama 5 ada 40 tempat tidur. Tapi masih harus diperbaiki dulu, ada kerusakan plafon, AC, aliran air dan listrik," ungkapnya.


Selain itu, Dio mengatakan bahwa pembukaan ruangan baru di asrama tersebut tentunya membutuhkan penambahan petugas. Ia telah berkoordinasi dengan sejumlah dan rencananya aparat TNI pun akan turut membantu menempatkan petugas di Embarkasi Haji.


"Iya, perlu petugas tambahan dan kata Pak Dandim, TNI siap membantu tenaga," pungkasnya. (Mdy)