Home Kota CARA UNIK BRIMOB KALTIM HILANGKAN TRAUMA KORBAN KEBAKARAN DI PPU

CARA UNIK BRIMOB KALTIM HILANGKAN TRAUMA KORBAN KEBAKARAN DI PPU

SHARE
CARA UNIK BRIMOB KALTIM HILANGKAN TRAUMA KORBAN KEBAKARAN DI PPU

Keterangan Gambar : Anak-anak tampak asyik bergoyang mengikuti arahan dari instruktur senam

LINTASBALIKPAPAN- Situasi di Penajam Paser Utara (PPU) perlahan mulai kondusif. Namun, trauma dari para korban kebakaran bisa jadi masih melekat. Untuk itu, peran apparat sangat dibutuhkan. Membaur bersama mereka dan memberikan rasa aman.

Brimob Kaltim, Brimob BKO Nusantara, Polres PPU dan TNI Kodim 0913 PPU punya cara unik agar kondisi psikologis para korban bisa segera pulih. Mereka menggelar senam bersama di posko Gabungan Penanganan Kebakaran Pemukiman RT 06, 07 dan RT 08 Kelurahan Penajam. Terlihat pasertanya begitu antusias. Tak terkecuali anak anak pengungsi juga terpantau asyik mengikuti senam bersama yang dilakukan oleh sejumlah anggota Brimob dan TNI.

Danyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltim AKBP Gunawan tri Laksono, S.I.K mengatakan, senam bersama yang dilaksanakan bersama korban kebakaran sebagai upaya trauma healing. Sehingga walaupun harta benda banyak yang terbakar akan tetapi kesehatan adalah modal untuk kita bisa bekerja mencari rezeki.

"Diharapkan adalah bagaimana memulihkan semangat kembali trauma-trauma yang dialami oleh keluarga besar korban kebakaran saat unjuk rasa yang lalu di Kabupaten Penajam paser Utara dan memotivasi hidup sehat anak-anak serta masyarakat," kata AKBP Gunawan saat ditemui Posko Gabungan Penanganan Kebakaran Pemukiman RT 06, 07 dan RT 08, Jumat (25/10/2019).

Dijumpai di waktu dan tempat yang berbeda, Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol Mulyadi, S.I.K menuturkan, trauma healing ini selain dilakukan di posko gabungan pengungsian di Kabupaten PPU juga digelar di pemukiman warga dekat TKP Kebakaran yang diisi kegiatan pemulihan oleh para anggota Polri dan TNI.

"Kegiatan ini adalah salah satu upaya untuk memberikan motivasi dan memberikan semangat hidup sehat kepada masyarakat korban kebakaran oleh Satbrimobda Kaltim. Ke depannya diharapkan instansi pemerintah yang lain maupun masyarakat yang peduli bisa menyalurkan bantuan serta memberikan semangat kepada para korban untuk bisa pulih dan menatap hari esok lebih baik," tutup Kombes Mulyadi. (rsh)