Home Kota BPJS Kesehatan : Mulai Oktober, Seluruh Peserta Kelas 3 Dibayarkan Tanpa Terkecuali

BPJS Kesehatan : Mulai Oktober, Seluruh Peserta Kelas 3 Dibayarkan Tanpa Terkecuali

SHARE
BPJS Kesehatan : Mulai Oktober, Seluruh Peserta Kelas 3 Dibayarkan Tanpa Terkecuali

LINTASBALIKPAPAN - Pemerintah Kota Balikpapan memantapkan diri menggratiskan iuran BPJS Kesehatan warganya mulai 1 Oktober 2021 nanti. Mereka yang digratiskan ialah peserta mandiri Kelas 3 hingga bulan Desember 2021.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Balikpapan, Sugianto mengatakan pihaknya baru saja menggelar audiensi dengan Pemerintah Kota terkait teknis pelaksanaannya. Ia mengatakan pemerintah akan menanggung seluruh iuran peserta kelas 3 yang terdaftar tanpa terkecuali.

"Per satu Oktober sudah bisa dimulai BPJS Gratisnya baik untuk peserta aktif maupun yang non aktif atau menunggak," katanya usai menghadiri audiensi pada Kamis (2/9) di Rumah Jabatan Wali Kota Balikpapan.

Tak hanya itu peserta yang memiliki tunggakan tetap akan dibayarkan pemerintah selama tiga bulan dan kartu kepesertaannya pun akan aktif kembali. Hanya saja tunggakan peserta tetap harus dilunasi meskipun dengan cara dicicil.

"Bagi yang menunggak silahkan diselesaikan. Iurannya tetap dibayarkan, tapi tunggakannya tetap menjadi tanggungan masing-masing. Intinya per 1 Oktober insya allah yang menunggak juga bisa langsung aktif BPJS Kesehatannya," tuturnya.

Bahkan bagi warga yang belum terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan juga akan difasilitasi oleh pemerintah. Hanya saja untuk pendaftaran akan dilakukan oleh pihak Dinas Kesehatan ataupun Dinas Sosial.

"Nanti ini pendaftaran tidak perlu ke kantor BPJS Kesehatan, nanti dari Dinas Sosial atau dari Pemkot yang datang menyerahkan data ke kami. Jadi tidak perlu antri mendaftar di kantor kami," ujarnya.

Sugianto mengatakan saat ini pihaknya tinggal menunggu data yang disetor oleh Pemerintah Kota untuk kemudian di proses. Disebut-sebut program BPJS Kesehatan Gratis ini akan berlanjut hingga tahun 2022.

"Jadi ini sampai bulan Desember atau tiga bulan. Tapi tadi kata Pak Wali, insya allah nanti berlanjut terus. Kita tinggal menunggu datanya dari Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial, jadi bisa segera kami proses," ungkapnya.

Untuk diketahui data Peserta BPJS Kesehatan Kelas 3 sebanyak 168.688 orang. Dari jumlah tersebut sebanyak 68.934 peserta kelas 3 yang menunggak iuran. (Mdy)