Home Vaksinasi Covid-19 Besok, 2.000 Dosis Vaksin Bagi Warga Non-KTP Balikpapan Disiapkan

Besok, 2.000 Dosis Vaksin Bagi Warga Non-KTP Balikpapan Disiapkan

SHARE
Besok, 2.000 Dosis Vaksin Bagi Warga Non-KTP Balikpapan Disiapkan

LINTASBALIKPAPAN - Keluhan sulitnya warga non KTP Balikpapan mendapatkan vaksinasi akhirnya terjawab. Rencananya pemerintah kota akan menggelar vaksinasi khusus warga luar daerah yang berdomisili di Balikpapan pada Minggu (12/9) di Gedung BSCC Dome. 


Pemkot bersama Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Balikpapan menyiapkan 2.000 dosis vaksin untuk warga luar daerah. Proses pendaftaran melalui link yang telah disiapkan pemerintah yakni vaksinasi.balikpapan.go.id/nonktpbalikpapan.


"Kita akan dibantu 2.000 dosis dan langsung digunakan hari itu juga. Sebagaimana kita ketahui bahwa Poltekkes adalah institusi vertikal dari Kemenkes yang diamanahkan membantu vaksinasi warga Non KTP Luar Balikpapan atau luar daerah. Pendatang pun dikhususkan bagi masyarakat yang memiliki KTP Luar," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarty ditemui di Dome pada Sabtu (11/9). 


Wanita yang akrab disapa Dio ini mengakui bahwa selama ini Dinkes belum pernah menggelar vaksinasi bagi warga luar daerah. Memang sejauh ini banyak masyarakat yang ber-KTP Non Balikpapan menginginkan vaksin. Semua itu baru bisa diakomodir melalui gerai vaksin TNI-Polri dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Balikpapan. 


"Selama ini sudah diarahkan dibantu oleh vaksinasi dari gerai-gerai TNI-Polri dan KKP bagi warga non-KTP Balikpapan, namun itu pun belum cukup untuk membantu masyarakat non KTP, sehingga kita coba bekerjasama dengan Poltekkes," ujarnya. 


Pemkot telah mengundang warga melalui media sosial. Pendaftar pun cukup antusias. Terbukti sampai saat ini kuota yang disediakan nyaris penuh. 


"Tadi saya monitor itu sudah terpenuhi namun masih ada yang mengisi E-Tiket Peduli Lindunginya. Jadi tadi saya mohonkan kerjasama kominfo masih ada waktu untuk diumumkan kembali agar masuk ke aplikasi peduli lindungi," ungkapnya.


Adapun syarat yang wajib dibawa saat proses vaksinasi nanti yakni KTP, surat keterangan domisili dari RT dan bukti pendaftaran yang menunjukkan tanggal pelaksanaan vaksin. (Mdy)