Home Vaksinasi Covid-19 Awas !!! Jual Beli Formulir Vaksin, Dinkes : Tidak Ada Vaksin Yang Bayar

Awas !!! Jual Beli Formulir Vaksin, Dinkes : Tidak Ada Vaksin Yang Bayar

SHARE
Awas !!! Jual Beli Formulir Vaksin, Dinkes : Tidak Ada Vaksin Yang Bayar

Keterangan Gambar : Suasana antrean vaksin di Dome

LINTASBALIKPAPAN - Beredar kabar adanya penjualan formulir vaksin kepada masyarakat. Satu lembar formulirnya diduga ditarif sebesar Rp 65 ribu. 


Kabar tersebut langsung dibantah oleh Dinas Kesehatan Kota Balikpapan. Ditegaskan bahwa vaksinasi yang dilakukan sejauh ini tidak dipungut biaya. Apalagi pendaftaran yang dilakukan semuanya melalui online. Sehingga berapapun jumlah vaksin yang tersedia maka akan disuntikkan kepada peserta. 


"Peserta yang sudah di undang berdasarkan nomor antreannya silahkan datang berdasarkan waktu, karena kami sudah membagi dalam beberapa jam pelayanan. Jadi jangan datang sekaligus tetapi ikuti jam pelayanan yang dibagikan. Selama pelaksanaan vaksinasi sampai selesai tidak ditarik biaya, yang belum terundang mohon tidak ke Dome karena yang dilayani hanya yang sesuai nomor antrean di aplikasi," jelasnya. 


Wanita yang akrab disapa Dio ini mengimbau kepada masyarakat yang mengetahui adanya oknum tidak bertanggungjawab agar segera dilaporkan. Ia juga meminta agar warga tidak terpengaruh dan tidak mengikuti. 


"Jika ada oknum yang tidak bertanggungjawab, melaksanakan hal-hal diluar yang kami sampaikan seperti menarik biaya atau bersifat seperti calo, bisa memberi nomor antrean mohon masyarakat tidak terpengaruh dan tidak mengikuti. Jadi datang saja sesuai nomor antrean dan tidak ada sama sekali biaya vaksinasi," tegasnya. 


Ia mengatakan bahwa seluruh vaksinasi yang dilakukan saat ini tidak dipungut biaya apapun. Termasuk yang digelar TNI-Polri maupun institusi lainnya. 


"Saya kira selain yang dilaksanakan Dinkes, kelompok atau institusi yang lain selagi menggunakan vaksin pemerintah baik yang digunakan TNI Polri maupun kelompok lain itu tidak berbayar," tuturnya. 


Dio mengatakan saat ini terdapat dua jenis vaksin, yakni vaksin program pemerintah dan gotong royong. Pun demikian dengan vaksin gotong royong yang diperuntukkan bagi karyawan perusahaan juga tidak dipungut biaya. 


"Hanya ada 2 jenis vaksin saat ini, vaksin program dan gotong royong. Vaksin gotong royong pun tidak ditarik biaya kepada peserta. Karena walaupun vaksinasi gotomg royong itu berbayar tapi yang membayar adalah perusahaan kepada PT Bio Farma, jadi bukan karyawan yang membayar," pungkasnya. (Mdy)