Home Kaltim Asperda Kaltim Rasakan Dampak Positif Pembangunan IKN

Asperda Kaltim Rasakan Dampak Positif Pembangunan IKN

SHARE
Asperda Kaltim Rasakan Dampak Positif Pembangunan IKN

lintasbalikpapan.com, BALIKPAPAN - Sejak Presiden Joko Widodo mengumumkan pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara ke Kaltim, minat berkunjung ke lokasi ibu kota baru terus meningkat hingga kini. Dari pejabat, turis hingg masyarakat dari berbagai daerah di Indonesia.

 

Ketua DPD Asosiasi Pengusaha Rental Mobil Daerah (Asperda) Kaltim, Damun Kriswanto menjelaskan, terkait dukungan dan kesiapan pengusaha rental mobil di Kaltim di dalam mendukung pemindahan dan pembangunan IKN di Kaltim sejak awal sudah berjalan. Bahkan menjadi tulang punggung mobilitas pejabat yang berkunjung ke IKN.

 

"Pengusaha yang tergabung dalam Asperda Kaltim sejak awal selalu mensupport unit-unit yang dibutuhkan dalam menyukseskan IKN dan Asperda Kaltim selalu mengambil bagian dalam menyediakan unit setiap ada kunjungan pejabat ke Kaltim," ucap Damun, Senin (5/12/2022).

 

Untuk itu kata dia, secara pribadi dan asosiasi, selalu mendukung penuh program pemerintah di IKN. Karena IKN menjadi berkah bagi Kaltim pada khususnya, dan Indonesia pada umumnya. Karena IKN memberikan dampak positif pada perekonomian Kaltim terutama di bidang jasa transportasi, kuliner hingga wisata.

 

"Maka dengan berdirinya IKN di Kaltim, maka Kaltim akan semakin maju. Sehingga seluruh masyarakat Kaltim selalu mendukung program pemerintah pusat untuk menjalankan pemindahan IKN di Kaltim," tegasnya.

 

Sesuai visi dan misi, Asperda hadir sebagai mitra strategis pemerintah dalam mewujudkan transportasi yang andal dan berkualitas. Serta memberikan kenyamanan dan keselamatan kepada pelanggannya.

 

"Saat ini Asperda Kaltim menaungi 600 unit kendaraan berbagai jenis dan tipe. Sayangnya, angka ini masih kurang dalam memenuhi kebutuhan transportasi yang terkait kegiatan di IKN," sebutnya.

 

Tetapi Asperda Kaltim tidak tinggal diam, ada strategis yang saat ini dilakukan. Yakni dengan berupaya meningkatkan jumlah kendaraan. Di mana di akhir tahun ini pengusaha yang tergabung di Asperda Kaltim berpeluang menambah unit yang selama ini inden dan diberikan potongan harga yang memikat dari salah satu diler di Balikpapan.

 

"Mengajak pengusaha rental mobil lain di luar Asperda Kaltim untuk bergabung dan mendukung ketersediaan unit kendaraan jika ada pejabat - pejabat yang datang ke Kaltim kaitannya dengan IKN," ajaknya.

Damun memastikan posisi Asperda Kaltim berada pada upaya mendukung kelancaran pembangunan IKN di sisi penyediaan unit kendaraan. Dan merasakan langsung efek positif peningkatan ekonomi selama proses pemindahan dan pembangunan IKN di Kaltim setelah diterpa kesulitan selama Pandemi Covid-19. (*)