Home Pendidikan 69 Siswa Berprestasi di Balikpapan Dapat Bonus Dari Pemkot

69 Siswa Berprestasi di Balikpapan Dapat Bonus Dari Pemkot

SHARE
69 Siswa Berprestasi di Balikpapan Dapat Bonus Dari Pemkot

Keterangan Gambar : Salah satu perwakilan siswa berprestasi menerima penghargaan dari Wali Kota Balikpapan, Rahmad Masud

LINTASBALIKPAPAN - Pemerintah Kota Balikpapan memberikan apresiasi kepada para siswa yang berhasil meraih juara dalam bidang sains, matematika, teknologi, seni dan olahraga. Sebanyak 69 siswa mendapat penghargaan langsung dari Wali Kota Balikpapan Rahmad Masud di Aula Pemkot pada Jumat (3/9). 


Penghargaan tersebut berupa bonus uang kepada para pelajar yang diserahkan langsung oleh Wali Kota. Lantaran masih situasi covid-19, hanya 23 perwakilan siswa dari 69 orang saja yang dihadirkan untuk menerima penghargaan. 


"Karena ini pandemi Covid, maka yang dihadirkan yang juara 1 saja untuk diberikan apresiasi oleh Wali Kota. Kenapa diberikan apresiasi, karena pemberian dana pembinaan itu berdasarkan keputusan wali kota untuk siswa berprestasi yang ada di masa pandemi ini," kata Muhaimin, Kadisdik Kota Balikpapan. 


Para pelajar tersebut berhasil menjuarai lomba, yakni Kompetisi Sains Nasional (KSN), Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) jenjang SD dan SMP, Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) jenjang SD dan SMP, Kihajar STIEM (science, technology, engineering, math), dan Gala Siswa Indonesia (GSI). 


Muhaimin mengatakan para siswa ini berhasil membawa nama Balikpapan di tingkat Provinsi maupun Nasional. Bahkan saat ini terdapat empat perwakilan yang sedang mengikuti kompetisi matematika di tingkat nasional. 


" Ini juara tingkat kota, setelah itu ke provinsi kemudian ke Nasional. Tapi sekarang ini sudah ada 4 perwakilan kita yang ke nasional, bahkan 1 sudah masuk final dan akan presentasi tanggal 14-16 di Jakarta," ujarnya. 


Sementara itu Wali Kota Balikpapan sangat bangga terhadap para siswa yang mendulang prestasi itu. Ia berharap orang tua siswa terus membina anaknya dengan baik. 


"Mudahan anak-anak Balikpapan khususnya orang tua untuk bina anak baik-baik, ciptakan generasi anak yang pintar tapi benar juga. Konteksnya tanamkan keyakinan agama pada anak kita sehingga nanti tumbuh menjadi anak yang pintar dan benar," ungkapnya. 


Rahmad menargetkan agar para siswa mampu menembus kancah internasional seperti yang telah diraih oleh Nariko dan Yuriko yang menjuarai lomba matematika di Jepang. 

"Itu sudah pasti target, dari Nasional dulu lalu ke event internasional. Ada yang sudah juara internasional di Jepang itu lomba matematika. Anak Balikpapan itu pintar-pintar kok," pungkasnya. 


Diketahui bonus yang diterima kepada siswa berprestasi beragam. Mulai dari Rp 2,5 juta sampai paling tinggi sebesar Rp 7,5 juta. (Mdy)